6 (Enam) Ciri Istri Solehah dan Melimpahkan Rezeki Sang Suami

Pernikahan merupakan sunnah yang diagungkan oleh Allah SWT. Selian mencari ridha-Nya, menikah menjadi salah satu jalan untuk membuka pintu rezeki Allah SWT. Allah akan mencukupkan rezeki pasangan yang sudah menikah, meski hanya salah satu dari keduanya yang bekerja.

Ternyata, untuk mendatangkan rezeki, pasangan suami istri tidak cukup dengan bekerja saja. Namun dengan memperbaiki akhlak serta memperbanyak berbuat baik, maka dengan mudah rezeki akan sering datang kepada sebuah keluarga.



Padahal, sudah jelas bahwa Allah akan memberikan rezeki yang lebih kepada pasangan yang sudah menikah, Allah juga tidak akan membuat umat-Nya menjadi susah setelah menikah.

Selain suami yang bertanggung jawab mencari nafkah, maka seorang istri pun memiliki tanggung jawab lain yang tidak kalah berperan dalam keluarga. Perilaku seorang istri ternyata akan berdampak terhadap sedikit atau banyaknya rezeki yang akan didapatkan suami. Berikut ini ciri-ciri istri yang mendatangkan rezeki bagi suami, yang wajib diketahui.

1. Wanita yang taat pada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Ada empat faktor yang menjadi pertimbangan sebelum menikahi seorang wanita muslim yaitu karena (1) Kecantikannya, (2) keturunanya, (3) hartanya, dan (4) agamanya. Namun, dari keempat faktor tersebut faktor agamalah  yang paling diutamakan. Akan sangat beruntung jika para laki-laki  bisa mendatangkan keempat faktor tersebut.

Jika mencari wanita dengan faktor agama tentu ia merupakan wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya.  Tidak hanya itu, wanita dengan ciri ini juga akan membawa rumah tangga menuju surga dan membawa ketentraman dalam keluarga. Dengan demikian, keluarga tersebut akan bahagia, tentram, nyaman, dan itulah rezeki yang sangat berharga.

Rumah tangga yang dipimpin oleh seorang imam yang sholeh dan didampingi istri sholehah tentu rumah tangga tersebut mendapat berkah dari Allah SWT. Pernikahan tersebut juga akan menghasilkan anak-anak yang sholeh dan sholehah, serta mendapatkan keridhaan serta rahmat dari Allah.

2. Wanita yang taat pada suaminya.

“Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain niscaya aku akan menyuruh seorang istri untuk sujud kepada suaminya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Sepanjang perintah suami tidak bertentangan dengan agama, maka istri wajib
mentaatinya. Ketaatan seorang istri pada suaminya akan membuat hati suami tenang dan damai sekaligus bisa menjalankan kewajibannya mencari rezeki yang halal untuk keluarga. Bagi wanita yang berkarier di luar rumah bisa tetap bekerja sepanjang suaminya mengizinkan dan kewajibannya untuk menjaga diri dengan baik di tempat kerja.

“laki-laki adalah pemimpin atas wanita karena Allah telah melebihkan sebagian dari mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) dan dengan sebab sesuatu yang telah mereka (laki-laki) nafkahkan dari harta-hartanya. Maka wanita-wanita yang saleh adalah yang taat memelihara diri di belakang suaminya sebagaimana Allah telah memelihara dirinya.” (QS. An Nisa:34).

3. Wanita yang melayani suaminya dengan baik.

Menjadi seorang istri haruslah mengetahui apa saja tugas dan kewajibannya. Menjalankan tugas rumah tangga dan melayani suami dengan baik serta mendidik anak-anaknya merupakan tugas utama seorang istri. Istri yang sholeh selalu berusaha melayani suaminya dengan baik seperti menyiapkan sarapan, menyediakan keperluannya, dan menjaga perasaan suami jangan sampai terluka karena sikap istri.

Wanita yang memiliki sikap demikian akan menjadi istri kesayangan suami dan menjadi rekan yang baik dalam           mewujudkan rumah tangga yang sakinah dan menarik hal-hal positif ke dalam rumah tangga tersebut. Termasuk di dalamnya menarik rezeki yang halal bagi suaminya.

4. Wanita yang tak pernah putus doa untuk suaminya.

Ciri wanita pembawa rezeki adalah wanita yang selalu menerima takdir Allah SWT namun tetap berusaha dengan mendoakan suami dan anak-anaknya agar sukses di dunia dan akhirat. Rutinitas berdoa tidak pernah terputus dari wanita ini, selalu melantunkan doa setelah menjalankan ibadah sholat. wanita seperti inilah yang akan mendatangkan rezeki kepada suaminya karena selalu melibatkan Allah pada setiap langkah suaminya lewat doa yang diucapkan setiap hari.

5. Wanita yang bisa menjadi partner meraih ridha Allah.

Istri yang menjadikan rumah tangganya sebagai lahan ibadah dan pengabdian diri kepada Allah SWT, bisa menjadi rekan diskusi yang berimbang bagi suaminya. Tidak hanya itu, ia juga bisa melakukan koreksi dan menyampaikannya dengan lembut kepada suaminya. Selain itu, wanita yang memiliki ciri ini juga bisa menjadi motivator suami untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat. Itulah yang menyebabkan munculnya kalimat “Di balik pria yang sukses ada wanita hebat di belakangnya”.

6. Wanita yang menerima pemberian suami dengan ikhlas.

Ciri istri pembawa rezeki selanjutnya yaitu ia yang tidak pernah mengeluh pemberian dari suaminya. Wanita ini selalu menerima dengan ikhlas serta menghargai apapun yang diberikan suami kepadanya. Ia selalu bersyukur atas apa yang diperoleh suaminya meskipun hanya sedikit. Wanita yang senantiasa bersyukur dan ikhlas ini rezekinya senantiasa akan bertambah baik kuantitas maupun keberkahan yang akan diberikan Allah kepadanya ataupun melalui suaminya.

Baca Juga Artikel Terkait

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment