Jangan Durhaka Kepada Guru Mari Menghormati Guru

Guru adalah orang yang mengajarkan ilmu pengetahuan kepada murid-muridnya. Sebagai seorang pendidik guru juga membentuk kita untuk menjadi orang yang beriman, berakhlak baik, berbudi pekerti yang luhur dan menjadi orang yang bertanggung jawab, baik kepada diri sendiri, masyarakat maupun Negara. 


Guru sangat berjasa kepada murid-muridnya, dengan sabar guru membimbing, mendidik, dan mengajari banyak hal dari mengenal huruf, menulis dan membaca sampai akhirnya kita bisa baca tulis karena jasa guru. Dengan jasa guru kita memperoleh kedudukan yang tinggi dihadapan Allah SWT karena ilmu yang telah diberikan, sebagaimana firman-Nya.

"...Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat..." (Q.S. Al-Mujadalah/58:11) 

Nah, sebagai seorang murid kita harus berbakti dan menghormati Bapak/ibu guru agar ilmu yang kita dapatkan menjadi berkah kelak didunia atau akhirat. Cara berbakti kepada guru, antara lain dengan sikap : 
  1. Rendah hati, sopan, dan menghargainya
  2. Melaksanakan nasihatnya
  3. Mengucapkan salam jika bertemu
  4. Memperhatikan apabila diajak bicara di kelas 
  5. Melaksanakan perintahnya dengan ikhlas

Semoga, dengan kita berbakti kepada guru Allah akan menempatkan kita kepada golongan orang yang mempunyai derajat tinggi dan menjadikan orang yang sukses dunia akhirat. Wallahu'alam bish shawab.

Baca Juga Artikel Terkait

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment