Ciri - Ciri Orang Yang Memakmurkan Masjid

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat muslim yang digunakan untuk menunaikan ibadah shalat. Selain tempat ibadah banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Masjid seperti perayaan hari besar umat islam, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an.

Ada empat ciri-ciri / karakter orang yang memakmurkan Masjid, yaitu : 

1. Beriman kepada Allah SWT dan hari akhir. Iman kepada Allah menjadi dasar utama yang harus dimiliki oleh seseorang yaitu orang yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangannya. 

2. Mendirikan shalat. Ketika mendengar azan berkumandang, mereka akan segera mendirikan shalat. Sebab shalat yang terbaik adalah shalat yang diawalkan diawal waktu, yang dilakukan secara berjamaah, dan bertempat di Masjid. 

3. Membayar zakat. Zakat berfungsi membentuk keshalihan dalam sistem sosial kemasyarakatan seperti memberantas kemiskinan, menumbuhkan rasa kepedulian dan cinta kasih terhadap golongan yang lebih lemah. Pembentukan keshalihan pribadi dan keshalihan dalam sistem masyarakat inilah salah satu tujuan diturunkannya Risalah Islam sebagai rahmatallil ‘alamin oleh Allah SWT kepada manusia.

4. Tidak takut kecuali kepada Allah. Orang yang memakmurkan Masjid adalah orang yang takut kepada Allah. Ketakutan tersebut yang akan mendorong seseorang untuk lebih dekat dengan Allah bukan menjauh dari Allah. Mereka tidak takut akan kehidupan dunia. Tapi mereka hanya takut kepada Allah SWT semata. 

Firman Allah SWT ,"Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka mereka lah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." (Q.S At-Taubah : 18). 

Mari kita sama-sama memakmurkan Masjid, ringan kan langkah menuju rumah Allah agar kita termasuk kedalam golongan  orang-orang yang mendapat petunjuk. Wallahu'alam bish shawab. 


Baca Juga Artikel Terkait

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment